IMG_0936 Komuni pertama di MalangPenerimaan Komuni Pertama di Bhakti Luhur, Malang dapat dikatakan unik dan menarik karena pesertanya terdiri dari berbagai macam latar belakang yang berbeda. Perbedaan ini bukan hanya dilihat dari latar belakang asal, budaya, dan watak, tetapi juga perpedaan dari segi kemampuan berpikir dan bergerak, karena kebanyakan dari mereka adalah (anak berkebutuhan khusus) anak-anak yang mempunyai kemampuan yang sangat berbeda.

Kamipun para pendamping pembinaan iman juga menimba berbagai pengalaman dari anak-anak ini, khususnya yang menerima Tubuh Kristus untuk pertama kalinya tahun ini. Dalam proses pembinaan, ada yang menurut pengamatan para pembina kurang dapat memahami apa yang disampaikan oleh para pendamping, tetapi ternyata mereka mempunyai kemampuan lain. Ketika masuk dalam sesi tanya jawab, pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan kepada kami jauh lebih luas dari apa yang kami pikirkan. Contohnya: ketika pendamping meminta peserta tenang pada saat pembina bicara, dan ada salah satu yang bicara terus karena kenakalannya, ada pesesrta lain yang mengatakan, “Permisi suster,..bukannnya saya mengganggu pembicaraan suster, tapi ini sangat mengganggu saya karena tadi suster bilang, sekarang anak-anak diam dulu dan setelah itu baru boleh bicara setelah suster bicara, tapi teman saya ini kok dari tadi bicara terus?” He he he ….jangan salah karena yang koment itu anak autis jadi nggak salah kalau dia terlihat sangat serius.Bhakti Luhur

Inilah sekilas suasana pembinaan persiapan komuni bagi anak-anak Bhakti Luhur yang berkebutuhan khusus. Masih banyak perbedaan-perbedaan lain yang mereka miliki dan di situlah kami menemukan keunikan dari masing-masing mereka. So menyenangkan.

Akhirnya anak-anak yang berjumlah 33 orang tiba saatnya untuk menerima Tubuh Kristus untuk pertama kalinya bersama dengan P. Paulinus Yan Olla MSF. Seperti biasanya, sebelum hari pelaksanaan ada rekoleksi, pengakuan, dan latihan-latihan. Ketika kami tanyakan perasaan masing-masing anak, banyak hal yang mereka ungkapkan. Ada yang senang, bahagia, dan bersukacita karena Yesus sudah mau tinggal dalam hati mereka. Kami juga para pembina berterimakasih banyak kepada Rm. Yan MSF, karena sudah berkenan mempersembahkan Perayaan Ekaristi untuk anak-anak asuh kami di Bhakti Luhur, Jl. Raya Dieng No. 40 malang. Semoga anak-anak ini bertumbuh dan berkembang dalam iman dan berguna bagi Gereja dan negara.

 (Sr. Helena Gulo, ALMA)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *