Surat Kepada Para Sahabat

Misionaris Keluarga Kudus – MSF

 Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus, Maria dan Yosef,

Tanpa terasa waktu bergulir begitu cepat. Kita bersama hampir sampai di penghujung tahun 2013. Ada banyak hal yang telah kita alami dalam kehidupan kita sepanjang tahun yang sebentar lagi akan berakhir ini. Sebagaimana telah kami mulai pada akhir tahun lalu, kini kami menjumpai kembali Anda sekalian melalui Surat Kepada Para Sahabat Misionaris Keluarga Kudus – MSF. Kami berharap dengan surat ini tali persahabatan di antara kita dapat tetap terjalin.

Pada Tahun 2013 ini Prokura Misi MSF Provinsi Kalimantan melakukan sebuah langkah “terobosan” untuk menjaring bibit-bibit panggilan baru untuk menjadi imam atau bruder MSF. Langkah “menjemput bola” tersebut kami lakukan dengan membuka asrama misi di Kefamenanu, Timor. Asrama misi tersebut diberi nama Lopo Tolob Nazareth (tempat persemaian Nazareth). Asrama itu semula adalah rumah pribadi milik Sdr. Sosimus, salah seorang Sahabat MSF di wilayah Timor. Beliau adalah dosen bahasa Inggris di Universitas Timor (Unimor). MSF melengkapi rumah tersebut dengan peralatan dan perlengkapan. Pada proses awal ini Sdr. Sosimus telah menjaring 5 pemuda. Setelah mereka mengikuti test masuk Postulat MSF Johaninum di Lopo Tolob Nazareth, mereka dikirim ke Postulat di Banjarbaru, dimana mereka bergabung dengan 7 calon MSF yang lain. Mulai ajaran baru tahun 2014 diharapkan sejumlah anak tamatan SMP plus dari SMA yang mempunyai minat misioner dapat menempati Asrama tersebut, dan mengikuti pelajaran umum di SMA di Kefamenanu di dekat Lopo Tolob Nazareth. Lopo Tolob Nazareth dapat menampung 12 anak muda.

Upaya mendapatkan benih-benih baru panggilan tersebut juga merupakan “hasil” kerja keras para konfrater MSF yang tergabung dalam tim Promotor Panggilan MSF dibawah pimpinan P. Iwan Yamrewav MSF. Salah satu anggota tim, P. Gabriel Ama Maing MSF, berkeliling wilayah Timor dan Flores mempromosikan MSF dan menjaring anak-anak yang sekarang masih duduk di kelas III SMA. Diharapkan sesudah itu mereka dapat lulus test masuk dan memulai pendidikan mereka di postulat MSF Johaninum.

Semua upaya itu merupakan upaya mengikuti teladan pendiri MSF, P. Jean Berthier MS yang melihat kekosongan tenaga dalam Gereja. P. Berthier mencoba mengisi kekosongan itu dengan mencari dan mendidik anak-anak muda untuk menjadi imam dan bruder, yang berujung dengan pendirian Kongregasi MSF.

Dari calon-calon yang tahun ini diterima di Seminari MSF Johaninum, Banjarbaru, ada seorang calon yang berasal dari Vietnam. Kami memberanikan diri untuk mulai menerima calon dari luar negeri sebagai bagian dari internasionalitas kongregasi MSF. Menyusul kami akan mulai menerima pula calon-calon dari Manila.

Calon-calon dari Manila mulai dijaring seiring dengan mulai diterimanya pelayanan sebuah paroki oleh MSF dari Mgr. Antonio Tobias, Uskup Keuskupan Novaliches, Manila. Tanggal 9 Juni 2013 yang lalu P. Lukas Huvang Ajat MSF dilantik oleh Mgr. Antonio Tobias menjadi pastor kepala paroki Christ the King, Caloocan City, Metro Manila. Dengan pelantikan itu dimulailah secara resmi karya MSF di Keuskupan Novaliches, Metro Manila. Semoga dengan ini semua aspek internasionalitas dari kongregasi MSF dapat semakin mengemuka.

Seiring dengan penambahan lahan karya, pada tahun ini MSF Provinsi Kalimantan juga menambah barisan tenaga imam yang akan melayani umat. Pada tanggal 20 September 2013 yang lalu Mgr. Petrus Bodeng Timang, Uskup Keuskupan Banjarmasin, telah mentahbiskan tiga orang konfrater kami. Mereka adalah P. Yonas Roka Ojo MSF, P. Daniel Rusen MSF, dan P. Krispinus Andi Hasti MSF. Setelah ditahbiskan P. Yonas MSF diutus berkarya sebagai pastor kapelan di paroki St. Theresia, Sangatta; P. Daniel MSF diutus berkarya sebagai pastor kapelan di paroki Kristus Raja, barong Tongkok; dan P. Andi MSF diutus berkarya sebagai pastor kapelan di paroki Keluarga Suci, Tering.

Pada tingkat Kongregasi MSF secara internasional telah dilangsungkan Kapitel Jenderal MSF pada tanggal 1-20 Oktober 2013 yang lalu di Roma. Kapitel Jenderal, sebagai forum tertinggi di tingkat Kongregasi, merefleksikan dan merumuskan penegasan arah Kongregasi untuk menjadi MSF masa kini. Sejumlah keputusan penting dan fundamental telah diambil oleh Kapitel Jenderal untuk diteruskan di tingkat Provinsi. Di Provinsi Kalimantan secara khusus hal itu akan ditindaklanjuti dalam Kapitel Provinsi yang akan berlangsung pada tanggal 4-10 Februari 2014 di Banjarbaru. Dalam Kapitel Provinsi tersebut akan diadakan pula pemilihan Dewan Pimpinan Provinsi MSF Kalimantan yang baru untuk periode 2014-2017. Secara khusus kami ingin memohon doa dari para sahabat untuk pelaksanaan Kapitel Provinsi tersebut.

Berkat dukungan para sahabat, khususnya para sahabat MSF di Keuskupan Agung Paderborn, Jerman, Pusat Kerasulan MSF “Sacra Familia”, Urup, Ampah, Kalimantan Tengah, mulai mendekati proses penyelesaian pembangunan keseluruhan kompleks. Kendati masih dalam proses pembangunan, sebagian bangunan telah dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas kerasulan MSF, seperti retret rohaniwan/wati, rekoleksi KOMKA dan SEKAMI, pertemuan Marriage Encounter dan sebagainya. P. Antonius Garin MSF telah mengupayakan pendampingan orang muda melalui studio music “Green Music”. Selain itu Pusat Kerasulan tersebut juga dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang lebih bersifat umum, seperti rapat CU, ujian karateka, pesta pernikahan dan sebagainya.

Keuskupan Agung Paderborn yang sangat intens membantu kami melalui Komisi “Weltmission” (Komisi Misi Dunia), dalam pembangunan berbagai sarana kerasulan di Urup, Ampah, mempunyai tradisi yang sudah berlangsung dari beberapa abad yang lalu. Tradisi tersebut adalah sebuah pesta rakyat di seputaran perayaan Santo Liborius, pelindung Keuskupan Agung Paderborn, pada bulan Juli. Selama sepekan umat akan mengalami keramaian di seluruh kota Paderborn. Ada macam-macam pertunjukan dan orang berjualan macam-macam barang, seperti “Pasar Malam” di Indonesia. Di antara kedai-kedai dan lapak-lapak penjualan itu ada juga satu tempat dengan nama “Missionsgarten” (Taman Misi). Di situ ada sekelompok awam yang menjual kue dan minuman untuk mengumpulkan dana bagi proyek-proyek di berbagai daerah misi, khususnya dimana Misionaris asal Keuskupan Agung Paderborn berkarya. Salah satu dari misionaris itu adalah P. Herman Stahlhacke MSF yang telah berkarya selama kurang lebih 50 tahun di Kalimantan. Pada tahun 2013 ini, Propinsi MSF Kalimantan melalui P. Herman Sthalhacke MSF mendapat kesempatan untuk mengajukan proposal dengan judul “Pembinaan Orang Muda Melalui Musik, Sport dan Doa”. Dengan bantuan yang kami terima dari Keuskupan Agung Padernorn itu kami akan membeli alat-alat instrument musik, membangun lapangan bulu tangkis dan volley, serta membangun Kapel Santa Maria.

Para sahabat MSF terkasih,

Terima kasih banyak untuk doa, dukungan dan dan kesediaan Anda sekalian berjalan bersama dengan kami sepanjang tahun 2013. Selamat mempersiapkan diri untuk menyambut Sang Juru Selamat, pembela dan pembebas kita. Atas nama seluruh Pastor, Bruder, Frater dan Seminaris MSF Provinsi Kalimantan, melalui surat ini kami ingin menyampaikan “Selamat merayakan Hari Natal 2013” – “Selamat merayakan Pesta Keluarga Kudus” – dan “Selamat memasuki Tahun Baru 2014”. Bersama Keluarga Kudus Nazareth dan Hamba Allah Jean Berthier MS, kami berdoa untuk kebahagiaan hidup para sahabat sekeluarga.

 

Banjarbaru, 20 Desember 2013

Hormat kami,

 

P. Herman Stahlhacke MSF – Prokurator Misi

P. Stanislaus Kostka Maratmo MSF – Superior Provinsi

 

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *